Sejarah Singkat Permainan Airsoft Gun di Indonesia

Komentar

Airsoft Gun sudah menjadi salah satu permainan modern populer di Indonesia. Jenis permainan yang dulunya lebih sering identik dengan kaum pria ini kini juga kian diminati oleh sebagian kaum wanita karena menawarkan sejumlah tantangan baru dan melibatkan pengolahan kemampuan yang positif. Misalnya latihan bekerjasama dan saling berkoordinasi dalam sebuah kelompok demi memenangkan sebuah misi.

Sejarah dan Perkembangan di Tanah Air

Jika melirik kembali awal perkembangan permainan ini di tanah air, rentang waktunya mungkin tidak terlalu lama. Boleh dibilang jika jenis permainan ini cukup baru dan baru bisa diakses sebagian kecil orang. Pertimbangannya karena kebutuhan lokasi dan sarana peralatan. Tetapi kendala-kendala semacam itu sudah bisa diatasi karena sudah banyak layanan penyewaan tempat dan peralatan lengkap.

Sejarah permainan ini kabarnya berasal dari Jepang di era tahun 70-an. Akibat dari ketatnya peraturan yang melarang dengan tegas kepemilikan senjata api, maka mulailah dikembangkan konsep permainan simulasi kepolisian dan dunia militer. Berbagai desain senjatanya pun nyaris mirip dengan aslinya apalagi jika sudah dimainkan di area yang mengasyikkan. Dua dekade berikutnya, permainan ini pun dikenalkan dan berkembang pesat di Eropa dan Amerika Serikat. Sampai akhirnya juga tiba di Indonesia dan mulai digemari oleh banyak pihak.

Banyak orang awam yang mengira kalau jenis permainan Airsoft Gun cuma mengandalkan naluri menghabisi lawan dan tindak kekerasan. Padahal anggapan-anggapan semacam itu tidak ada dasarnya dan bahkan tak bisa dibuktikan. Sebab dalam permainan yang dijalankan secara berkelompok ini juga ada rangkaian kode etik tertentu yang harus ditaati oleh setiap pemain. Selain itu, setiap pemain juga diwajibkan memahami tata cara pemakaian dan pengamanan jenis senjata yang dipegang meskipun semuanya adalah simulasi. Oleh karena itu, tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal negatif yang dianggap bisa menyebabkan cedera kecuali jika pemainnya tidak menggunakan atau mematuhi aturan standar.

Nah, itulah salah satu daya tarik dari Airsoft Gun karena menawarkan berbagai rincian unik dan sangat mendalam sehingga setiap orang yang sudah cukup sering bermain akan semakin penasaran dan mungkin mengoleksi jenis senjata dan peralatan lainnya. Di Indonesia sendiri, perkembangan informasi tentang permainan ini berawal dari dunia internet yang kemudian diikuti oleh berbagai komunitas yang saling berinteraksi dan berbagai pengalaman. Mereka saling memberikan pengetahuan baru sambil sesekali mengadakan pertemuan rutin dan bahkan adu kemampuan.

Dalam bermain airsoftgun juga tak bisa asal menembak karena ada alur cerita dan penerapan strategi yang harus diterapkan oleh setiap regu secara disiplin. Setiap pemain juga punya perannya masing-masing misalnya sebagai pengintai, sniper,dan sebagainya. Mereka juga bisa saling bertukar peran untuk mencari pengalaman baru dan tentunya wajib diimbangi dengan pengolahan kemampuan. Untuk mendapatkan alat-alatnya pun semakin dimudahkan berkat keterbukaan jalur informasi yang dibuka oleh masing-masing komunitas. Intinya, komunitas permainan ini sangat terbuka bagi setiap orang yang tertarik dan bertanggungjawab dalam menaati aturan dan kode etik berlaku.

Sejak tahun 2000an, permainan ini sudah mulai dikenal banyak orang di tanah air dan akhirnya bisa dikembangkan dalam berbagai wujud pilihan. Permainan ini juga semakin bertahan dan meningkat jumlah penggemarnya karena punya karakter kuat dan selalu menjaga prinsip keamanan dan kode etik yang wajib dipatuhi. Jika ada anggota yang melanggar kode etik tersebut maka risikonya sangat berat karena bisa dikeluarkan atau kena sanksi lainnya.

Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on StumbleUpon0Share on Reddit0Share on Tumblr0Share on VKEmail this to someonePrint this page