Perbedaan Airsoft Gun dan Paintball yang Wajid Diketahui

 

Komentar

Perbedaan Airsoft Gun dan Paintball yang Wajid Diketahui

Perbedaan airsoft gun dan paintball sekilas agak sulit dilihat. Bagi orang awam, kedua permainan ini seperti simulasi perang dengan pemain beregu dan menggunakan replika senjata api. Bahkan para pemainnya kerap mengenakan pakaian loreng bak tentara untuk menambah kesan realistis. Namun, perlu diketahui jika airsoft gun dan paintball sebenarnya memiliki beberapa ketidaksamaan. Di bawah ini terdapat poin-poin yang membedakan dua permainan tersebut, sehingga Anda tidak salah memilih.

  1. Harga perangkat paintball lebih mahal dibandingkan airsoft gun

Dalam permainan paintball, harga perangkat seperti pistol paling murah dapat dibanderol sebesar Rp 2,5 juta (level pemula) dan harga pelurunya sebesar Rp 150 ribu per 1000bb. Sementara untuk airsoft gun, pistolnya dijual lebih murah dengan kisaran harga 1,9 juta dan pelurunya dengan harga Rp 100 ribu per 1000bb.

  1. Senjata airsoft gun terkesan lebih nyata daripada paintball

Kendati harga perangkat airsoft gun lebih murah, kualitas replikanya ternyata dekat dengan yang asli. Para pemainnya sampai tidak diizinkan memperlihatkan senjata tersebut ke khalayak umum. Selain itu, spesifikasi dan penggunaan perangkat airsoft gun pun mengikuti senjata aslinya, seperti cara kerja hingga aksesori pelengkap. Berbeda jauh dengan senjata paintball yang, kendati lebih mahal, tidak dibuat serupa dengan yang aslinya.

  1. Ukuran peluru airsoft gun lebih kecil dibandingkan paintball

Perbedaan airsoft gun dan paintball selanjutnya terletak pada peluru. Ukuran peluru pada permainan paintball yang lebih besar ternyata dapat mempermudah lawan untuk menghindar atau bersembunyi, karena peluru itu sudah dapat terlihat dari jarak jauh. Sementara peluru pada senjata airsoft gun memiliki hambatan angin lebih minim, sehingga dapat memelesat cepat dan sulit dilihat lawan karena ukurannya yang kecil.

  1. Manfaat airsoft gun lebih banyak daripada paintball

Di Indonesia, memiliki senjata api untuk individu sangatlah sulit. Jika Anda tetap ingin mempunyai satu secara legal, senjata airsoft gunbisa menjadi pilihan alternatif. Selain lebih aman, Anda juga dapat memamerkannya dalam foto-foto yang membutuhkan aksesoris senjata perang. Berbeda dengan perangkat paintball yang bisa dipakai dalam permainan saja dan memiliki kekurangan dalam kemiripan dengan senjata aslinya.

  1. Airsoft gun memiliki taktik lebih serius dibandingkan paintball

Karena hampir realistis, permainan airsoft gun juga mengadaptasi sistem perang di dunia nyata. Selain memilih para pemain andal, anggota juga diharapkan memiliki kemampuan menciptakan taktik yang baik. Sehingga, saat dipraktikan, kelompok tersebut dapat mengurangi risiko kekalahan di ‘medan perang’. Maka, permainan airsoft gun tidak hanya membuat tubuh Anda jadi lebih sehat, tetapi juga melatih kecerdasan otak untuk menyusun strategi perlawanan.

  1. Peran dalam airsoft gun lebih beragam daripada paintball

Pada paintball, para anggota hanya dibagi ke dalam tiga tim berbeda. Para anggota juga dapat menggunakan sistem komando, tetapi biasanya peran-peran tersebut tidak terlalu penting untuk digunakan. Berbeda dengan airsoft gun yang benar-benar menggunakan siasat perang. Peran-peran dalam airsoft gun, seperti pemimpin regu, rekonstruksi, penembak, sampai perancang strategi, memiliki tugas utama dalam permainan ini. Ada juga peran pembantu yang akan ditunjuk untuk bertugas di ‘medan perang’.

Setelah mencermati poin-poin di atas, Anda dapat menentukan permainan tempur mana yang cocok dengan selera dan budget Anda. Semoga perbedaan airsoft gun dan paintball ini juga dapat memperluas pengetahuan Anda!

Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on StumbleUpon0Share on Reddit0Share on Tumblr0Share on VKEmail this to someonePrint this page