Pengertian Airsoft Gun / Airsoft

Komentar

Airsoft gun adalah replika senjata api yang menyerupai bentuk aslinya digunakan untuk olahraga atau permainan yang mensimulasi militer (perang-perangan). Airsoft gun sangat aman digunakan asalkan penggunanya menggunakan pengaman yang memadai dan mematuhi prosedur penggunaan airsoft gun.

Permainan airsoft juga sudah mulai populer di Amerika Utara dan Eropa, khususnya di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Austria, Swiss, Perancis, Spanyol, Polandia, Portugal, Swedia, Finlandia, Norwegia, Italia, Belgia (yang didatangi pemain dari Belanda karena di negara mereka airsoft ilegal), Denmark, dan Chili, dan semakin menyebar didukung dengan komunitas Internet yang aktif.

Harga yang ditawarkan oleh setiap ritel berbeda-beda, mulai dari harga 1,6 juta hingga harga 4 juta lebih. Untuk jenisnya pun bervariasi, ada airsoft gun spring, electric, dan airsoft gun yang menggunakan gas. Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi harga, daya tembak, maupun kualitasnya.

Beberapa istilah dalam airsoft gun yang perlu anda ketahui:

AEG “Automatic Electric Gun” atau AEG bertenaga listrik, bisa Rifle atau Sub Machine Gun. Beberapa dilengkapi dengan aksesori dan komponen. AEG dirancang untuk pemain lebih serius atau penggemar Tweaking atau upgrade. AEG menggabungkan dinamo dan baterai dioperasikan untuk menggerakan piston yang menghasilkan tekanan udara. Kebanyakan AEG merupakan unit laras panjang yang menggunakan tembakan otomatis. AEG sudah sangat populer dikalangan pecinta airsoft gun karena penggunaannya yang sangat mudah.

GBB “Gas Blow Back” atau GBB adalah produk yang paling efektif, dalam kinerja senapan GBB, peluru di dorong oleh tekanan dari Gas oksigen (o2) atau Green Gas. Jenis airsoft gun laras pendek adalah jenis airsoft gun yang paling sering menggunakan power dari gas. Bagi anda yang ingin membeli airsoft gun GBB, pastikan dahulu anda mengetahui jenis gas apa yang digunakan.

AEP “Automatic Electric Pistol” sama dengan AEG namun berbentuk pistol rata-rata menggunakan Gearbox besi. Ini jenis airsoft gun yang jarang ada di Indonesia, bahkan kami sangat jarang menyediakan airsoft gun jenis ini.
EBB “Electric Blow Back” sama dengan AEP namun menggunakan Gearbox plastik, dengan efek “blow back” seperti GBB yaitu bagian slide bergerak mundur ketika di tembakan. Jenis ini tidak begitu populer di Indonesia, namun sangat laris di Eropa.

LPEG “Low Power Electric Gun” atau LPEG sama dengan AEG namun menggunakan Gearbox plastik sehingga kecepatan pelurunya terbatas, cocok untuk pemula atau low bajet. Namun, bagi yang ingin serius menekuni dunia airsoft gun, jangan tanggung-tanggung, pilih GBB atau AEG saja langsung.

Hukum Airsoft Gun di Indonesia

Perbuatan memiliki atau membawa Airsoft Gun bukan termasuk tindak pidana yang diatur dalam UU Darurat 12/1951.Dengan kata lain, saat ini memang belum ada aturan tegas soal penyalahgunaan Airsoft Gun.

Jelas, airsoft gun BUKAN senjata api, sehingga memiliki dan membawa airsoft gun bukanlah sebuah tindak pidana. Kecuali dalam penilaian penegak hukum, pemilik airsoft gun menggunakan unitnya untuk melakukan tindakan kriminal, menakuti dan menyebabkan ketidak nyamanan publik, baru disini ada hukum sendiri yang mengatur berdasarkan tindakan apa yang ia lakukan.

Informasi tentang hukum airsoft gun di Indonesia dapat anda baca disini.

Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on StumbleUpon0Share on Reddit0Share on Tumblr0Share on VKEmail this to someonePrint this page