Pedoman Dasar Penggunaan Airsoft Gun

Komentar

Airsoft Gun memang menjadi salah satu jenis senjata yang bisa dimiliki secara umum dalam kondisi terbatas. Artinya bahwa hanya ada orang tertentu saja yang bisa memiliki model senjata ini setelah mendapatkan ijin dan sertifikat secara resmi dari badan hukum. Semua jenis model Airsoft Gun merupakan jenis senjata yang tidak mematikan dan biasanya hanya digunakan dalam komunitas tertentu dengan keperluan khusus. Namun salah satu hal yang paling disorot saat ini adalah bahwa meskipun Airsoft Gun bukan senjata yang mematikan namun tetap bisa menimbulkan bahaya. Pengaturan untuk bisa menggunakan Airsoft Gun dengan aman tetap bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa hal pedoman penting dalam penggunaan Airsoft Gun.

  1. Gunakan Airsoft Gun dengan sangat hati-hati dan sebaiknya sudah memiliki kemampuan untuk pengoperasiannya. Hindari menggunakan Airsoft Gun di tempat yang tidak seharusnya seperti tempat yang banyak orang-orang atau ditempat umum seperti jalan raya. Beberapa waktu yang lalu kita pernah mendengar berita ini dan membuat semua orang khawatir bahwa kemungkinan ada orang di luar sana yang menggunakan Airsoft Gun tanpa  berpikir panjang.
  2. Penembakan Airsoft Gun dalam jarak dekat bisa membuat bahaya yang sangat besar, bahkan beberapa resiko seperti kerusakan dan cacat fisik permanen sudah sering terjadi. Untuk menghindari hal ini sebaiknya jangan bermain – main dengan Airsoft Gun tanpa memiliki sasaran khusus. Bahkan ketika jari sudah ada di pelatuk maka kesalahan sedikit saja bisa sangat fatal.
  3. Simpan Airsoft Gun dalam tempat khusus yang sangat aman. Bahkan ketika Anda harus menyimpan senjata ini di dalam rumah maka hindari dari tempat yang mudah dijangkau oleh anak-anak. Anak-anak biasanya menganggap bahwa ini model senjata mainan biasa, tapi pada posisi tertentu maka bahaya bisa terjadi kapan saja.
  4. Jika Anda memakai Airsoft Gun untuk menjalani beberapa permainan dengan target tertentu maka pertimbangkan aset keselamatan untuk target. Jika target Anda orang maka pastikan bahwa mereka memakai kacamata atau pelindung tubuh seperti rompi. Hal ini disebabkan karena ketika peluru mengenai bagian wajah seperti mata maka bisa menyebabkan masalah cedera yang sangat serius.
  5. Pemakaian Airsoft Gun untuk anak-anak harus mendapatkan perhatian khusus dari orang tua. Di Indonesia pengaturan Airsoft Gun untuk anak-anak memang belum diijinkan sementara di beberapa peraturan di luar negeri mengatakan jika hanya anak yang berumur lebih dari 18 tahun saja yang sudah bisa memakai model senjata ini. Namun sebaiknya anak-anak tidak diberikan kesempatan atau waktu untuk bermain sendiri karena jiwa anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi bisa saja mereka memakai senjata tersebut.
  6. Meskipun ini adalah jenis senjata yang memiliki gerakan dan tekanan lambat sehingga tidak menyebabkan bahaya pada penembakan jarak jauh maka senjata harus tetap dibawa dengan tempat khusus. Ini adalah salah satu cara untuk membawa Airsoft Gun secara aman tanpa menyebabkan masalah seperti kecelakaan karena pelatuk yang terkena tekanan.

Penggunaan Airsoft Gun memang paling sering digunakan untuk beberapa permainan dan hanya keperluaan keamanan khusus. Ini adalah jenis senjata yang dirancang hanya untuk gerakan lambat. Namun keamanan menjadi sangat penting karena beberapa kasus pernah terjadi bahwa Airsoft Gun bisa membahayakan nyawa. Jadi untuk kebaikan bersama sebaiknya semua orang selalu memperhatikan  pedoman keamanan dalam penggunaan Airsoft Gun terutama untuk orang yang memiliki jenis senjata ini.

Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on StumbleUpon0Share on Reddit0Share on Tumblr0Share on VKEmail this to someonePrint this page