Mengagumkan, Pesawat N219 Buatan Anak Indonesia Siap Mengudara

Komentar

Pesawat N219 merupakan pesawat buatan dalam negeri yang akan di uji coba terbang pada Mei 2017. N219 diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia yang diperuntukkan sebagai pesawat perintis. N219 memang sangat cocok diproduksi secara massal dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang mana N219 diharapkan bisa menjadi ujung tombak dalam pemerataan pembangunan di setiap ujung Indonesia.

Dengan adanya N219, tercatat Indonesia telah memproduksi 2 jenis pesawat lokal, generasi pertama adalah N250. Namun yang paling membanggakan dari N219 yaitu dalam proses pengerjaannya semua dilakukan oleh anak bangsa.

Karena diproduksi sebagai pesawat perintis, N219 mampu mendarat di landasan tanah, berumput, atau berkerikil, dengan panjang landasan 600 meter. Selain itu, N219 dirancang multifungsi agar dapat digunakan untuk angkutan penumpang, evakuasi medis, kargo, patroli  dan surveilans.

Pesawat buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan PTDI itu ialah pesawat terbaru di kelasnya dan diklaim punya banyak keunggulan, termasuk kecanggihan teknologi yang digunakan.

N219 sejatinya menjadi cikal bakal untuk kembali menggairahkan dunia penerbangan Indonesia yang saat ini telah mampu memproduksi pesawat terbang sendiri.

Pangsa pasar Asia Pasifik pun menjanjikan. Diperkirakan hingga tahun 2022 perlu 118 pesawat sekelas N219 versi sipil, termasuk untuk Indonesia. Adapun pesawat perintis yang beroperasi berteknologi lama dan usianya tua sehingga perlu diganti. Jadi, kebutuhan pesawat sekelas N219 kian besar.

Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on StumbleUpon0Share on Reddit0Share on Tumblr0Share on VKEmail this to someonePrint this page