KH Hasyim Muzadi Meninggal Dunia

Komentar

Indonesia kembali berduka, salah satu putra terbaik bangsa ini telah berpulang ke Rahmatullah. KH Hasyim Muzadi dikenal sebagai tokoh bangsa dan ulama kharismatik di negara ini. Dari kalangan bawah hingga kalangan atas, semua menghormati beliau sebagai seorang guru bangsa.

Airsofter, sebagai anak bangsa, kita wajib menghormati seorang guru yang telah berbuat banyak untuk bangsa ini. Banyak nasehat-nasehat yang pernah beliau sampaikan kepada masyarakat tentang Islam, kehidupan berbangsa, dan keikhlasan.

Beberapa nasehat beliau telah kami kumpulkan agar nasehat-nasehat tersebut tetap hidup dihati para generasi penerus bangsa.

Berikut ini adalah nasehat-nasehat dari KH Hasyim Muzadi:

“Masalah yang paling rawan adalah kesalahpahaman dan penyalahgunaan agama. Agama ditujukan untuk kebaikan seluruh umat manusia, tetapi mereka telah berubah menjadi bencana kemanusiaan.”

“Dulu, wali-wali mengislamkan orang kafir. Tapi yang ada sekarang malah banyak pemuka agama mengkafirkan orang Islam. Jika seperti ini terus maka gerakan dakwah akan pudar. Islam itu memimpin, bukan menekan.”

“Yang diharuskan dalam negara bukan bentuknya, tapi prinsip-prinsip (Islam) yang jalan atau tidak di negara Islam itu sendiri.”

“Karena keadilan politik tidak tercapai dengan sendirinya tanpa keadilan ekonomi, maka demokrasi bisa saja berubah menjadi bisnis demokrasi, dan bukan perjuangan demokrasi.”

“Kecerdasan dan Kepandaian itu bukan segalanya, ia masih bergantung pada kejiwaan. Ketika kejiwaan itu goncang, maka kecerdasan pun juga goncang. Intelektualitas bisa goncang karena Instabilitas Rohani.”

“Jika yang kosong adalah akalnya, isilah ia dengan ilmu. Jika yang kosong adalah hatinya, isilah ia dengan zikir. Kesatuan pikir dan zikir akan membentuk ulul albab”

“Keikhlasan itu tidak tampak dan tidak perlu ditampak-tampakkan. Tetapi Allah akan menampakkan hasil dari keikhlasan itu.”

Selamat jalan guru bangsa, semoga keikhlasan dan cintamu pada negeri ini dapat mengayomi generasi penerus ini agar mampu menjaga negeri ini tetap damai dan bermartabat.

ASG Indonesia bersedih, turut berduka cita atas kepergian KH Hasyim Muzadi.

Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on StumbleUpon0Share on Reddit0Share on Tumblr0Share on VKEmail this to someonePrint this page