Kanada Menginginkan Super Hornet, Namun Harga Belum Ditetapkan

 

Komentar

VICTORIA – Kanada mengharapkan untuk terima jet tempur Super Hornet pertama pada th. 2019 namun masihlah mesti menyelesaikan harga dan fungsi industrinya, menurut petinggi pemerintah Kanada. (Defense News, Rabu)

Menteri Pengadaan Pertahanan, Judy Foote dari Partai Liberal, menyampaikan negosiasi tengah berjalan pada pemerintah AS serta Boeing untuk pengadaan 18 unit Super Hornet, namun perincian masihlah mesti dibicarakan selanjutnya.

“Kami tengah berupaya memperoleh perjanjian paling baik yang dapat kita peroleh, lihat harga, lihat kekuatan, lihat faedah ekonomi”, kata Foote pada House of Commons pada 31 Januari 2017.

Menteri Pertahanan Kanada Harjit Sajjan menginformasikan pada 22 November 2016 kalau Kanada bakal beli pesawat dalam perjanjian sumber tunggal. Dia mencatat pemerintah sudah dipaksa meneruskan akuisisi menekan atas kesenjangan kekuatan yang nampak pada armada jet tempur CF-18 sekarang ini. Dengan penuaan pesawat-pesawat itu, Kanada tak dapat penuhi prinsip pertahanannya pada Komando Pertahanan Hawa Amerika Utara, NATO dan sebagainya.

Anggota Parlemen dari Partai Konservatif, Pierre Paul-Hus memohon pemerintah federal untuk mengungkap cost sesungguhnya dari pembelian, mencatat kalau laporan CBC News mengatakan kalau cost itu pada CAN 5 – 7 milyar (USD 3, 8 – 5, 3 milyar).

Foote menampik menjawabnya, serta menyampaikan kalau itu bukanlah sikap bertanggungjawab untuk “mendiskusikan di depan umum” sebelumnya kontrak itu usai.

Namun Sajjan menyangsikan angka itu. “Tidak ada tag harga yang pas saat ini ini”, tuturnya pada wartawan. “Saat kita sudah lewat sistem yang benar, mempunyai semuanya info yang dibutuhkan, jadi kita bakal tahu harga yang sebenarnya”.

Angka yang dipakai oleh CBC termasuk juga support periode panjang, in-service, simulator serta cost yang lain.

Pemerintahan Partai Liberal menginginkan lihat pesawat pertama diantar pada th. 2019, menurut sumber industri serta pemerintah yang di konfirmasi.

Pemerintah Kanada juga punya niat untuk menggerakkan pertandingan terbuka untuk beli armada jet tempur manfaat menukar armada CF-18 dengan cara permanen.

F/A-18E/F Super Hornet Diinginkan Tiba Akhir 2020.

Perdana Menteri Kanada Juicetin Trudeau yang datang dari Partai Liberal sudah berjanji kalau, bila dipilih lagi, jadi pemerintahnya akan tidak beli jet tempur siluman F-35 buatan Lockheed Martin, lantaran pesawat itu sangat mahal untuk keperluan Kanada.

Pemerintah Trudeau, bagaimanapun sudah menyampaikan pada Lockheed Martin supaya dipersilahkan untuk memasukkan jet tempur F-35 dalam pertandingan yang bakal diselenggarakan di saat mendatang.

Kritikus pertahanan dari Partai Konservatif, James Bezan menyampaikan klaim Sajjan kalau ada kesenjangan kekuatan CF-18 yang ada sudah sepakat untuk mensupport pembelian Super Hornet dari sumber tunggal.

“Sebanyak 77 unit jet tempur CF-18 negara itu masihlah dapat lakukan tugasnya hingga pertandingan penuh bisa diadakan untuk beli pesawat baru”, lebih James Bezan.

Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on StumbleUpon0Share on Reddit0Share on Tumblr0Share on VKEmail this to someonePrint this page