Indonesia vs Australia, Siapa yang Terkuat Militernya?

Komentar

Indonesia adalah negara kepulauan yang dibentang oleh lima pulau besar dan ribuan pulau kecil. Dalam hubungan internasional, Indonesia dan Australia memiliki hubungan diplomatik yang sangat kuat. Meski memiliki hubungan erat, sering sekali adanya ketegangan di antara kedua negara tersebut. Misalnya beberapa waktu lalu dimana pihak militer Australia melakukan penghinaan terhadap dasar-dasar negara Indonesia, yakni pancasila. Ketegangan tersebut tidak sempat memanas dikarenakan pihak Australia langsung bereaksi meminta maaf secara langsung kepada negara Indonesia.

Namun akan sangat menarik jika kita membandingkan kekuatan kedua negara ini bila seandainya terjadinya perang.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki populasi penduduk yang lebih besar dibandingkan Australia. Populasi penduduk Indonesia adalah 255 juta jiwa, sedangkan Australia hanya memiliki penduduk sekitar 22 juta jiwa. Diantara 255 juta jiwa, ada sekitar 130 juta jiwa rakyat Indonesia yang berusia produktif. Sedangkan dari 22 juta jiwa rakyat Australia, hanya 13 juta jiwa yang berusia produktif. Jadi, jika dilihat dari jumlah penduduk, maka Indonesia jauh lebih unggul ketimbang Australia. Jumlah penduduk yang besar akan sangat membantu Indonesia jika seandai terjadinya perang.

Dari segi tentara yang aktif, Indonesia lagi-lagi mengalahkan Australia. Tercatat Indonesia memiliki 476 ribu tentara aktif yang siap tempur, sedangkan Australia hanya memiliki 60 ribu tentara aktif. Selain itu, ada sekitar 400 ribu personil cadangan yang dimiliki oleh Indonesia. Sedangkan Australia hanya memiliki 46 ribu personil cadangan.

Dari segi alutsista darat, Indonesia memiliki Tank dengan jumlah 468 Tank siap gerak, sedangkan Australia hanya memiliki 59 Tank.  Untuk AFV (kendaraan tempur lapis baja), Indonesia memiliki  1089 unit, sedangkan Australia memiliki 2040 unit. Indonesia juga memiliki Tank Artileri (SPG) sebanyak 37, sedangkan Australia nol. Indonesia juga memiliki kendaraan truk artileri sebanyak 80 unit, sedangkan Australia 75 unit. Tidak kalah hebatnya lagi, Indonesia memiliki 86 kendaraan penembak rudal (MLRS), sedangkan Australia tidak memiliki ini. Jadi, dari segi darah, Indonesia bisa dikatakan lebih unggul ketimbang Australia.

Dari segi udara, Indonesia diperkuat oleh 420 pesawat militer, sedangkan Australia memiliki 417 pesawat militer. Indonesia memiliki 35 pesawat tempur didalamnya terdapat pesawat Sukhoi yang termasuk kedalam salah satu pesawat tempur tercanggih di dunia, sedangkan Australia memiliki 78 pesawat tempur. Indonesia memiliki 58 pesawat pengangkut bom, sedangkan Australia memiliki 78 unit.  Ada 108 pesawat latihan yang digunakan oleh armada angkatan udara Indonesia, sedangkan Australia memiliki 130 pesawat latihan. Selain itu, Indonesia juga diperkuat 170 pesawat pengangkut militer, sedangkan Australia memiliki 161 pesawat pengangkut. Untuk Helikopter, Indonesia memiliki 152 unit yang diantaranya ada 5 helikopter tempur, sedangkan Australia 166 unit yang diantara 22 unit adalah helikopter tempur. Menurut Anda, dari segi udara siapakah yang paling hebat? Indonesia atau Australia?

Sebagai negara kepulauan, angkatan laut Indonesia diperkuat oleh 221 kapal perang, ini jauh yang dimiliki oleh Australia yang hanya memiliki 77 kapal perang. Indonesia memiliki 6 kapal Frigates, dan Australia 14 Frigates. Untuk kapal Destroyer, kedua negara ini sama-sama tidak memilikinya. Nah, untuk kapal induk Indonesia tidak punya, sedangkan Australia punya 2 kapal induk. Indonesia memiliki 2 kapal selam, sedangkan Australia memiliki 6 kapal selam. Indonesia memiliki kapal keamanan pesisir sebanyak 66 unit, sedangkan Australia 13 unit. Untuk Mine Warfare, Indonesia punya 12 kapal, sedangkan Australia 6 kapal. Nah, yang sangat membanggakan Indonesia memiliki 10 kapal korvet, sedangkan Australia tidak punya sama sekali.

Kedua negara ini sama-sama tidak memiliki senjata nuklir. Indonesia sudah mengeluarkan biaya pertahanan negara sampai 7 miliyar dolar, sedangkan Australia  26 miliyar dolar.

Keuntungan lain bagi Indonesia, Indonesia mampu memproduksi alutsista secara mandiri oleh PT Pindad. Beberapa alutsista yang diproduksi oleh Pindad adalah Tank, AFV, kapal, peluncur rudal, dan persenjataan. Selain militer Indonesia, hasil produksi Pindad juga telah di eksport ke beberapa negara di Asia dan Afrika.

Nah, menurut Anda diantara Indonesia dan Australia, manakah negara ini yang militernya paling kuat?

Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on StumbleUpon0Share on Reddit0Share on Tumblr0Share on VKEmail this to someonePrint this page